review

Si cakep yang mumpuni diajak liburan

November yang lalu jalan-jalan (anggap aja liburan akhir tahun) ke Bandung, berhubung terjadi delayed maka punya banyak waktu luang melihat aktifitas di ruang tunggu bandara dan seperti biasa mayoritas orang-orang asyik menundukkan kepala berkhidmat pada gadgetnya. Eitsss nggak lama yang duduk didepanku mengeluarkan laptop dari dalam tasnya, lalu khusyuk entah ngapain dengan laptopnya, maka pemandangan laptop tipis di pangkuan orang itu jadi perhatianku, sambil dalam hati “Asyik juga kalau punya laptop tipis begitu dibawa jalan-jalan”, lalu teringat laptop yang ditinggal di rumah.

Pertama kali tertarik dan ingin punya laptop ASUS itu dulu saat lihat seri N46VJ, desain cakep dengan spesifikasi yang cocok dan memadai dengan kebutuhanku suka mainin program desain grafis sambil browsing dan lihat-lihat youtube. Terlebih speakernya pakai Bang & Olufsen saat laptop lain sekelasnya cuma pakai speaker standar, makin memanggil-manggil itu ASUS N46VJ untuk diboyong ke rumah, sayang sekali waktu itu belum kesampaian meminangnya, kali ini ASUS UX391UA yang menarik hati.

Selama dan sampai saat ini pilihan penggunaan laptopku didasari atas spesifikasi yang memadai untuk menjalankan software desain grafis, sesekali untuk membuka pengolah gambar (intensitas tidak sebanyak dulu), sambil browsing dan buka social media, eitsss juga terkadang dipakai nonton film. Pertimbangan lain pilihan laptopku juga selama ini adalah masalah daya tahannya, karena kalau sudah utak-atik desain grafis itu bikin keasyikan dan terkadang bisa berjam-jam, maka perlu laptop dengan baterai mumpuni dan masih tetap adem setelah pemakaian berjam-jam.

Karenanya selama ini pilih laptop selalu dari seri bisnis yang sesuai dengan kebutuhan di atas, walaupun sebagai kompensasinya bobot laptop jadi lumayan memberatkan tas jika dibawa bepergian untuk liburan, sehingga terkadang jadi jarang dibawa kecuali penting sekali. Sekarang mulai melirik jenis laptop ultrabook untuk menggantikan laptop berbobot 2,3 kg yang sekarang dipakai yang mulai “kelelahan” tampaknya, berhubung akhir-akhir ini di youtube sering muncul review laptop asus (yang sering saya tonton), sambil mikir “cakep-cakep nih laptop asus”. Apalagi setelah ada teman pulang dari Jepang menyelesaikan program doktoral bawa laptop ASUS, dan aku nyobain laptopnya, jadi makin pengen merek ini.

 

Pertimbangan utama tiap pilih laptop urutannya adalah prosesor, RAM, Hardisk dan kartu grafisnya apa dan berapa. Zaman now laptop setipis ASUS UX391UA ini sudah diotaki prosesor core i7 generasi ke-8, RAM 16 GB, Harddisk SSD 512 gb, kartu grafisnya pakai UHD Graphics 620 GPU. Bagaimana spesifikasi utama tersebut kalau dipakai multitasking sesuai kebutuhanku di atas? Lancar jaya senyum bahagia, hati berbunga-bunga pastinya hehehe, apalagi karena harddisk sudah pakai tipe SSD (Solid State Disk) sehingga proses dari nyalain laptop hingga siap pakai, istilahnya booting akan jauh lebih singkat.

Makin dilihat-lihat ASUS UX391UA mantap nih klo bisa pencet-pencet keyboard dan dielus-elus mousepadnya tiap hari serta diajak jalan-jalan untuk liburan tanpa ngebebanin tas, apalagi sebagai model ultrabook berat laptop ini cuma 1 kg dan ketebalannya nggak bikin sesak tas, nilai plus nih buat kriteria laptop yang asyik diajak liburan. Kalau seringan ini laptopnya, kejadian sewaktu sedang liburan kemudian ada teman yang menghubungi minta revisi desain atau bahkan minta dibikinin desain nggak ada lagi keluar kata-kata “waduh aku nggak bawa laptop, maaf ya bro” karena dengan mudahnya akan dipertimbangkan selalu dibawa nih laptop saat liburan. 

Alasan lain selama ini agak malas bawa laptop kalau liburan atau jalan-jalan itu selain bobotnya juga daya tahannya menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang dihadapi, seperti guncangan dan resiko jatuh itu yang bikin ngeri (rusak dan kehilangan data), tapi ternyata ASUS UX391UA ini selain spesifikasi jeroannya sangat bisa diandalkan, juga memenuhi standar militer, istilahnya ultratough: military-grade durability. Laptopku yang sekarang tahan dibebani puluhan kilogram dan keyboardnya tahan air aja aku senang apalagi nih ASUS UX391UA yang sudah lulus lewati banyak tes daya tahan, mantap jiwa berkurang keraguan dibawa jalan-jalan liburan pokoknya.

 

Karena speakernya pakai embel-embel Harman Kardon aku percaya kualitas suaranya memuaskan buat memanjakan telinga kalau dipakai dengerin musik atau nonton film di laptop ini, jadi seandainya saat liburan dan tidak memungkinkan untuk jalan-jalan keluar, percayakan untuk dihibur oleh Harman Kardon dari ASUS UX391UA ini. Nggak kalah sama smartphone zaman now, ASUS UX391UA ini ternyata bisa fast charge hingga 60% dalam waktu 49 menit, padahal baterai laptop ini sendiri klaimnya bisa mencapai 13,5 jam, sangat cukup lama untuk dipakai tanpa mengeluarkan charger yang mungkin di beberapa tempat saat liburan susah menemukan colokan yang dapat digunakan, makin asyik nih liburannya tetap produktif.

Dilihat-lihat lagi saat laptopnya dalam keadaan layarnya terbuka, body terangkatnya jadi makin keren dilihat, bahasa kerennya ErgoLift Design logikanya sirkulasi udara jadi bagus sehingga menjamin suhunya terjaga meski dipakai berlama-lama. Kesimpulannya bagaimana? Liburan asyik dengan Laptop ASUS kalau begini sih.

 

One thought on “Si cakep yang mumpuni diajak liburan

  1. Hello. Very interesting article but it’s hard to find barisketujuh.com in search
    results. You are out of google’s top 10, so you can’t expect big traffic.
    You need high quality backlinks to rank in serps. And you can get them for
    free, just search in google: forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published.