Uncategorized

Separuh ibukota negara yang baru

Hari ini (barusan) Presiden Jokowi mengumumkan lokasi ibukota negara yang baru berada sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, setelah beberapa hari yang lalu Kepala Bappenas mengumumkan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Sinyalemen lokasinya ada di Provinsi Kalimantan Timur memang sudah terbaca beberapa hari sebelumnya dari kelebihan dan kekurangan antara Provinsi Kalimantan Timur dengan Kalimantan Tengah.

Siapa pihak-pihak yang diuntungkan dari pengumuman tersebut? Apakah ada mafia-mafia tanah yang sudah mendengar sebelum diumumkan? Seberapa keras sorak-sorai para spekulan tanah yang sudah mengkoleksi surat tanah di daerah tersebut? Seberapa senang para pemilik tanah di sekitar lokasinya yang harga tanahnya tiba-tiba meroket dan mengharap ekonomi mereka jadi lebih baik?

Karena lahan yang digunakan menurut berita adalah lahan negara maka pembebasan lahan mungkin hampir pasti tidak ada, mungkin ini juga sebagian pertimbangannya karena meniadakan anggaran pembebasan lahan. Jikapun ada kemungkinan untuk keperluan pembuatan jalan baru menuju jalan tol, menurut saya (pembuatan jalan baru) yang lebih mungkin akan terjadi, dibanding membenahi jalan masuk yang sudah ada menuju kesana dari Jalan Soekarno-Hatta (jalan raya Samarinda-Balikpapan).

Para pemilik modal kemungkinan sudah mulai bergerak mendekat kesana, menawarkan nominal yang lumayan besar kepada para pemilik tanah di sekitaran lokasi ibukota negara yang baru untuk menjual lahan mereka, saya yakin banyak yang dalam waktu dekat menukar lahan mereka dengan sejumlah besar uang, lalu mereka (pemilik lahan saat ini) kemudian menukarnya lagi dengan mobil baru. Mungkin pemandangannya kurang lebih akan sama dengan ketika sebuah perusahaan batubara datang melakukan eksploitasi dengan membeli lahan-lahan milik warga, seperti banyak sekali terjadi di provinsi ini.

Apakah hanya para pemilik lahan di sana yang bisa menikmati berputarnya roda perekomian dengan pembangunan ibukota negara yang baru di sana? Tidak perlu memiliki, yang penting bisa menemukan peluang untuk masuk ke dalam putaran roda yang berputar tersebut. Tidak perlu risau apabila masuk belakangan ke dalam roda tersebut, yang penting punya cara yang berbeda untuk menemukan tempat didalamnya.