wisata

Liburan seribu kilometer dimulai dari tiket

Karena liburan seribu kilometer dimulai dari pencarian tiket, maka marilah kita awali dengan membuka tiket.com untuk mencari yang patut dikenang, maksudnya tiket pesawat ke tempat wisata yang akan memberi kenangan tak terlupakan. Mungkin ada 2 tipe orang berwisata berdasarkan tempatnya yaitu tim pantai dan tim gunung, tapi kalau ditawari ke Raja Ampat rasanya tim gunung juga pasti akan ngangguk dengan cepat sambil senyum antusias.

Kembali ke laptop, setelah mencari informasi di internet bahwa jika ingin ke Raja Ampat maka kita mesti menuju Sorong (Bandara Dominique Edward Osok).  Pencarian tiket melalui tiket.com memunculkan beberapa jadwal penerbangan Jakarta-Sorong yang mayoritas transit, tapi ada pilihan menarik dari salah satu maskapai yang tidak pakai transit dan tiketnya lebih ekonomis. Pilihan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pukul 00.05 dan mendarat di Sorong jam 06.10 lebih masuk akal bagi saya, karena pertama tidak perlu transit yang membuat kita mesti berganti pesawat, kedua karena berbarengan dengan jam tidur cocok untuk tidur selama di pesawat, alasan utama harga tiketnya paling ekonomis.

Perjalanan belum berakhir karena ternyata untuk menuju Raja Ampat kita mesti naik kapal cepat lagi selama kurang lebih 2 jam, harga tiketnya 130 ribu dari informasi yang didapat (jika belum berubah). Mudahan tubuh sudah dalam keadaan segar karena tidur di pesawat, meskipun ada pilihan lain dari Sorong ke Raja Ampat dengan Pesawat Susi Air, saya akan pilih yang lebih ekonomis yaitu kapal cepat.

Sempat bertanya-tanya dalam hati penginapan di Raja Ampat seperti apa saja, ternyata pilihan penginapan di sana banyak dan beragam, pilihan yang menarik bagi saya adalah HamuEco Resort terutama setelah baca beberapa artikel, rasanya mantap akan nginap di sana. Alasan apa saja membuat saya akan nginap di sana yaitu, selain konsepnya bangunannya berada di atas laut dan fasilitas yang diberikan, mereka juga menyediakan paket perjalanan ke beberapa pulau di Raja Ampat, istilahnya Island Hopping.

Jauh-jauh ke Raja Ampat pastinya nggak untuk tidur-tiduran di penginapan saja, jadi bakalan kemana saja? Daftar yang didatangi yaitu Pulau Wayag, Pulau Batanta, Pulau Salawati, Pianemo, Misool. Menikmati air laut berwarna hijau toska dengan pasir putih terhampar di sekitarnya dengan hamparan hutan tropis dan bakau rasanya bakal bikin terasa damai di Misool nanti. Puncak Harfat salah satu yang mesti diperjuangkan karena dari sana bisa terlihat keindahan Misool dari ketinggian, selain itu di Misool juga terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50 ribu tahun.

Belum ke Raja Ampat kalau belum ke Pulau Wayag katanya, maka marilah masukkan daftar wajib kunjungi, pulau ini memiliki gugusan pulau-pulau karang kecil yang ditumbuhi pepohonan. Air lautnya yang berwarna biru muda dan biru tua pasti akan memberi kesan snorkeling yang luar biasa. Karena saya penggemar trekking maka singgah ke Pulau Batanta menarik dan nggak boleh dilewatkan, katanya ada air terjun indah di sini dengan goa dibelakangnya.

Banyak gambar wisata Raja Ampat memakai pemandangan indah Pianemo, jadinya ingin lihat secara langsung pemandangan dari puncak bukitnya, meski harus melalui 336 anak tangga saya yakin pasti terbayar dengan keindahan ciptaan Tuhan yang terlihat dari sana. Mestinya masih ada beberapa spot wisata di Raja Ampat yang menarik dilihat, sisanya saya putuskan di sana saja.

Seumur hidup saya baru sekali snorkeling dan levelnya juga tidak mahir, tapi di Raja Ampat nanti rasanya harus sekalian bisa snorkeling, sayang dong keindahan lautnya kalau sekedar dari perahu. Kalau menyelam sih saya kibar bendera putih saja, selain itu kalau ada kayak juga saya mau coba. Pertanyaan buat diri sendiri “Kapan ke Raja Ampat?”

Zaman now cari tiket pesawat lebih mudah tinggal buka tiket.com untuk cari #TiketKemanapun apalagi aplikasinya yang bisa diinstal di smarthpone (gawai) sehingga cari tiket makin mudah, bukan cuma tiket pesawat tapi penginapannya juga bisa pesan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + fifteen =