belajar

Ini akibatnya hosting dan domain terpisah

Sempat agak tegang ketika mengetikkan alamat website ini pada browser tapi tidak berhasil dibuka, padahal sudah melakukan koneksi antara hosting dan domain yang berada di tempat berbeda. Cek ulang cPanel tempat domain berada, name servers sudah sesuai dengan yang diberikan oleh penyedia hosting, coba buka kembali di browser, kali ini pakai smartphone ternyata hasilnya sama seperti sebelumnya. Telusuri kembali di internet cara menyambungkan hosting dan domain di tempat berbeda, hasilnya yang saya lakukan sudah sama, tapi kenapa belum terbuka?

Endapkan dulu semalam, esoknya dicoba ulang tapi tetap tidak ada perubahan akhirnya telusuri di internet kemugkinannya, ketemu cara mendeteksi apakah hosting dan domain sudah berhasil terjadi koneksi, dengan melakukan ping nama domain. Hasil ping menunjukkan IP sudah cocok dengan IP yang diberikan oleh penyedia hosting, makin berkerut dahi mikirin tapi kok tetap nggak mau terbuka, makin stres saya hahaha.

Setelah mengingat-ingat kembali pengalaman bikin website yang pertama dulu, ternyata kesalahannya ada pada file wordpress yang peletakannya di folder wp bukan di folder public html, sehingga mengakibatkan alamat untuk membuka websitenya menjadi ketambahan /wp. Akhirnya setelah file wp dipindah ke folder public html maka jreng-jreng website terbuka sesuai keinginan, eitss tapi ubah dulu site url dan home di phpMyAdmin dengan menghilangkan /wp. Untuk meyakinkan diri sebelumnya juga minta bantuan penyedia hosting, Alhamdulillah respon dukungan teknisnya cepat.

Sudah senang dong, tapi begitu mau masuk ke dashboard wordpress kok gagal terus, padahal password yang dimasukkan sudah yakin betul, dicoba berulang-ulang hasilnya gagal maning. Akhirnya kembali ke laptop, eh kembali ke internet untuk mencari tahu cara mereset passwordnya, caranya masuk lewat phpMyAdmin dan mengubah password dengan yang baru, selesai dan mari kita buka dengan password yang baru diubah. Ekspektasinya tidak sesuai ternyata, tetap saja tidak mau terbuka “ini kenapa lagi?” Sudahlah langsung tanyakan ke penyedia hosting saja biar cepat. dan ternyata karena belakangan banyak serangan terhadap CMS oleh penyedia hosting dilakukan autentifikasi tambahan untuk masuk ke dashboard wordpress, diberikan link panduannya, ikuti dan voila sukses masuk ke dashboard wordpress.

Inilah artikel perdana yang ditulis dengan domain sendiri, tidak lagi dibelakangnya ada nama wordpress. Kenapa hosting dan domainnya nggak di satu tempat saja sih? Ini gara-gara buku “the book of SEO” katanya supaya meningkatkan keamanan website kita, setelah berhasil masuk ke dashboard wordpress juga langsung melakukan perubahan pengaturan supaya ramah mesin pencari dan keamanannya meningkat.

27 thoughts on “Ini akibatnya hosting dan domain terpisah

Leave a Reply

Your email address will not be published.