review

Asus Vivobook Pro 15 N580VD di tahun baru

Tahun baru pakai laptop baru sepertinya menarik juga, apalagi laptop lama yang biasanya dipakai masih betah berada di ICU (baca: rusak). Pengennya sih spesifikasi laptop baru ini punya prosesor yang lebih tinggi, memorinya lebih besar, harddisk jumbo dan VGA card mumpuni buat desain grafis dan video editing, kalau dirangkum yang punya “performa tinggi”.

Jadilah di pagi hari pertama tahun 2018 browsing laptop yang bisa bikin makin optimis bisa mendukung rencana tahun ini, akhirnya nemu yang langsung bikin seger mata, Asus Vivobook Pro 15 N580VD.

asus vivobook_pro15 n580vd

Keren nih tampilannya, kriteria laptop baru seperti yang saya inginkan di atas bagi saya terpenuhi di Asus Vivobook Pro 15 N580VD. Plusnya lagi laptop Asus ini model ultrabook yang ukurannya tipis dan ramping sehingga ringan dibawa, bobotnya cuma 2,2kg dan bodynya sudah dibalut aluminium alloy seperti laptop high-end pada umumnya. Bisa menaikkan percaya diri saat buka laptop ini di kafe, bikin noleh yang duduk di meja sebelah dan yang penting lagi nggak bikin pundak pegel bawa laptop ini di tas, beratnya hampir separuh laptop yang lama.

Saat baca-baca spesifikasinya dan sampai ke speakernya yang pakai Harman Kardon jadi makin pengen laptop ini, apalagi bisa dibilang sudah jatuh cinta sama produk Harman Kardon, makanya bakalan cocok nih disandingkan dengan Speaker Harman Kardon Onyx kesayangan di meja kerja. Speakernya dijamin kuat di laptop ini dengan volume ruang speaker 8cc yang disematkan teknologi Smart Amplifier, katanya hasil keluarannya 320% lebih keras dibanding perangkat serupa dan bisa mendengarkan hasil suara treble dan bass yang ciamik. In Harman Kardon we trust.

Dua hal yang saya cari tahu pertama kali kalau milih laptop yaitu prosesor dan memorinya. Asus Vivobook Pro ini sudah diotaki Intel Core berkode kaby lake generasi ke-7 yaitu i7-7700HQ dan RAM 8GB DDR4. Kalau jadi ngeboyong laptop ini bakalan pertama kali nih saya bisa ngerasain memory DDR4 yang 33% lebih cepat dari DDR3 seperti di laptop lama saya, multitasking bakalan makin lancar. Dengerin musik atau youtube sambil buka facebook, email, software desain grafis dan download. Apalagi ternyata Asus Vivobook Pro 15 N580VD ini sudah pakai SSD 128GB, sehingga proses booting akan makin cepat.

Saya terkadang menggunakan laptop seharian, karenanya laptop saya sebelumnya dari kelas profesional yang tahan digunakan seharian, dan Asus Vivobook Pro ini sudah pakai dual fans setara yang ada di laptop seri gaming, terpasang di CPU dan GPU, 2 sumber panas di laptop. Udara panas akan dihisap kemudian dikeluarkan melalui exhaust yang ada di belakang laptop dan di bawah body cover, efektif menjaga suhu laptop tetap stabil meski saat full load dan lagi tidak terlalu berisikTips nih kalau nyari laptop.

asus vivobook pro 15 n580vd

Laptop baru kelas atas tentu saja sudah bersemayam original OS dong, di Asus Vivobook Pro ini sudah pakai Windows 10, karena ini Windows yang paling baru jadi support keamanannya paling bagus, apalagi sudah ada fitur Windows Defender untuk menangkal virus-virus yang bergentayangan, install anti virus jadi tidak perlu kalau sudah pakai Windows 10 ini. Fitur Windows Hello cocok sekali dikombinasikan dengan Finger Print Sensor di Asus Vivobook Pro N580VD kita bisa membuka laptop dengan sekali sentuhan, bahkan baca di sumber lainnnya bisa unlock Windows 10 pakai finger print di Smartphone Samsung.

Pada laptop-laptop saya sebelumnya biasanya mentok di layar ukuran monitor 14″, tapi kalau Asus Vivobook Pro 15 ini rasanya saya nggak keberatan dengan layar 15.6″-nya. Dibenamkan berbagai teknologi untuk optimalisasi panel layarnya yang Full HD (1920×1080) dengan teknologi wide-view. Beberapa software dibenamkan supaya visual layarnya makin ciamik, seperti Splendid Technology yang didalamnya terdapat 4 mode penyetelan layar agar nyaman disesuaikan dengan yang dilihat dan tampak lebih hidup.

Layar ciamik di atas didukung Graphic Card NVIDIA GeForce GTX 1050 yang banyak digunakan di laptop gaming, tampilannya makin jernih saat dipakai menonton film, mengedit video atau bermain game. Perlu support grafis untuk kinerjanya maka kartu VGA di Asus Vivobook Pro ini cukup mumpuni.

Keyboardnya full size sudah backlit dan memperhatikan ergonomi pengetikan sehingga bikin nyaman, kalau di smarthphone ada fast charging maka di laptop ini juga punya fitur fast charging mencapai 60% dalam 49 menit.

Display : 15.6″ (16:9) backlit Full HD (1920×1080) Anti glare
Processor :Intel® Core™ i7 7700HQ (3M Cache, up to 3.1GHz)
Memory : 8GB DDR4 2400 MHz SDRAM
Hard Drive : 128GB SSD + 1 TB HDD
Graphics : NVIDIA GTX 1050 with 4GB GDDR5 VRAM
Operating System : Windows10
Networking : Wi-fi 802.11 AC + BlueTooth V4.2
Audio : ASUS SonicMaster Technology
Harman kardon
Battery : 3 Cells 47 Whrs Polymer Battery
Camera : HD Web Camera
Slots/Interface :

1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x VGA port
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1) support display
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
1 x Fingerprint (Optional)
1 x SD card reader

System Dimensions : 380 x 256 x 19.2 mm (WxDxH) (w/ 3cell battery)
Berat : 2.2kg

vivobook pro 15 n580vd port

Kesimpulannya adalah, Asus Vivobook Pro 15 N580VD ini pas sekali dengan kriteria yang saya ingin buat menggantikan laptop yang lama. Apakah mungkin juga cocok buat Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve + 18 =